SOAL PILIHAN GANDA DAN KUNCI JAWABAN SOAL PAT SMK OTK HUMAS & KEPROTOKOLAN

SOAL PAT MAPEL OTK HUMAS KELAS XI

1.       Perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan berbagai publik khusus dan masyarakat umumnya. Salah satunya adalah dengan melakukan komunikasi dengan publik eksternal secara informatif dan persuasif, misalnya dalam bentuk kegiatan ....

a.       Mempelajari program kerja secara detail melalui buku pegangan pegawai.

b.      Melakukan laporan kepada pemegang saham.

c.       Menganalisis dan menilai sikap opini publik yang menanggapi kebijaksanaan pimpinan perusahaan dalam menggerakkan pegawainya dan menerapkan metodenya.

d.      Melakukan pertemuan lain yang bersifat santai dengan rekan kerja , seperti darmawisata.

e.      Mengadakan pertemuan secara berkala antara pimpinan dan staff.

2.       Praktisi humas yang memiliki ketulusan hati, keikhlasan , dan mengutamakan hati nurani dalam bersikap, berperilaku, berucap, tidak berbohong adalah termasuk asas humas ....

a.       terbuka

b.      objektif

c.       jujur

d.      etis

e.      profesional

3.       Aspek humas yang terkait dengan peningkatan kualitas kehidupan dan pengidupan di segala bidang adalah ...

a.       aspek layanan

b.      aspek komunikasi

c.       aspek kesetiaan

d.      aspek produktivitas

e.      aspek etika

4.       Salah satu manfaat humas di masa pandemi Covid 19,  di mana perusahaan banyak mengalami  krisis akibat macetnya usaha  adalah ....

a.       dapat menjadi tim dalam manajemen krisis

b.      dapat menjadi operator dalam penerbitan desktop publising

c.       dapat menjadi pembuat identitas perusahaan.

d.      dapat menjadi perantara dalam hubungan parlemen

e.      dapat menjadi perantara dalam hubungan finansial

5.       Kepolisian telah menjadi perhatian masyarakat dalam hubungannya dengan kelompok minoritas, hak warga negara, penyalahgunaan obat bius, kejahatan, ketertiban umum, ketertiban masyarakat terkait aturan PSBB sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kepolisian termasuk lembaga humas ....

a.       Humas Pemerintah

b.      Humas Industri dan Bisnis

c.       Humas Penegak Hukum

d.      Humas Profesi

e.      Humas Organisasi Internasional.

6.       Sarana dan prasarana humas pemerintah yang merupakan  fasilitas penyedia segala informasi yang dibutuhkan media massa untuk kepentingan peliputan dan publikasi adalah ....

a.       pusat media

b.      ruang wartawan

c.       meja informasi

d.      pojok cendera mata

e.      handycam

7.       Pemerintah merupakan pembuat regulasi dalam bidang hubungan masyarakat ( humas ). Beberapa regulasi pemerintah adalah ....

a.       dasar hukum kehumasan

b.      dasar pelaksanaan kehumasan

c.       asas kehumasan

d.      prinsip kehumasan

e.      semua jawaban benar

8.       Fungsi humas pemerintah

a.       meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibilitas  publik

b.      meningkatkan koordinasi dalam penyebaran informasi tentang kebijakan pemerintah

c.       membangun citra dan reputasi positif

d.      melaksanakan fungsi manajemen komunikasi, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemberian masukan dalam pengelolaan informasi.

e.      melaksanakan komunikasi timbal balik

9.       Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto setiap harinya menyampaikan kepada media tentang perkembangan Corona di Indonesia, hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan humas pemerintahan berupa ....

a.       konferensi pers

b.      kunjungan pers

c.       peliputan acara

d.      keterangan pers

e.      siaran pers

10.   Manfaat pedoman umum infrastruktur humas adalah ....

a.       mekanisme kerja yang baku, terukur, dan dapat diandalkan.

b.      peningkatan kapasitas sarana dan prasarana unit kerja humas sehingga dapat memberikan pelayanan informasi secara optimal.

c.       peningkatan kuantitas dan kualitas hubungan antar individu, antarinstansi pemerintah, serta antara instansi  pemerintah dan pemangku kepentingan.

d.      jawaban b dan c benar

e.      jawaban a, b, dan c benar

11.   Menghimpun, membina, dan mengarahkan potensi perusahaan public relation nasional, agar secara aktif, positif, dan kreatif turut setta dalam mewujudkan  masyarakat yang adil dan makmur adalah tujuan dari ....

a.       Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia ( Perhumas )

b.      Asosiasi Perusahaan Public Realtion ( Aphumas )

c.       Public Relations Society of American

d.      Institute Public Relation of British

e.      Organisasi Profesi Humas International

12.   Memajukan perkembangan humas di Inggris adalah tujuan dari ....

a.       Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia ( Perhumas )

b.      Asosiasi Perusahaan Public Realtion ( Aphumas )

c.       Public Relations Society of American

d.      Institute Public Relation of British

e.      Organisasi Profesi Humas International

13.   Menyediakan jalur bagi pertukaran gagasan dan pengalaman profesional antarmereka yang berurusan dalam kegiatan humas mengenai kepentingan internasional adalah merupakan salah satu tujuan  dari ....

a.       Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia ( Perhumas )

b.      Asosiasi Perusahaan Public Realtion ( Aphumas )

c.       Public Relations Society of American

d.      Institute Public Relation of British

e.      Organisasi Profesi Humas International

14.   Salah satu kelompok dalam khalayak humas yang berperan penting dalam penempatan modal bagi perusahaan yang Go Public atau yang sudah masuk dalam bursa saham adalah ...

a.       Masyarakat luas

b.      Para pegawai atau anggota

c.       Pemasok barang dan jasa

d.      investor

e.      distributor

15.   Perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya dalam kancah international  sangat berkepentingan untuk ikut mengup date perkembangan humas dunia melalui buletin – buletin yang di produksi oleh ....

a.       Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia ( Perhumas )

b.      Asosiasi Perusahaan Public Realtion ( Aphumas )

c.       Public Relations Society of American

d.      Institute Public Relation of British

e.      Organisasi Profesi Humas International

16.   Seorang manajer harus memiliki  motivasi untuk memelopori, mengungguli, serta memunculkan  produk baru untuk mendahului pesaingnya . Hal ini adalah kompetensi manajer dalam hal ....

a.       fleksibilitas

b.      implementasi perubahan

c.       inovasi kewirausahaan

d.      memahami hubungan antarmanusia

e.      memberdayakan

17.   Kualifikasi profesional humas yang terkait dengan kemampuan yang merupakan landasan kesadaran dalam memperhatikan kepentingan profesi bukan untuk alasan subjektif adalah ....

a.       kesadaran etis

b.      kemampuan bernalar secara etis

c.       kemampuan berperilaku secara etis

d.      kemampuan memimpin secara etis

e.      kemampuan menulis

18.   Keahlian utama praktisi humas  dalam bentuk tulisan berupa  siaran berita, korespondensi, laporan, buklet adalah kompetensi ....

a.       writing

b.      editing

c.       media relation

d.      speaking

e.      researching

19.   Prinsip etika profesi humas berupa kewajiban untuk menghormati hak orang lain, lembaga atau organisasi sehingga tercipta rasa saling menghormati dan keadilan secara objektif dalam kehidupan bermasyarakat adalah  ....

a.       tanggung jawab

b.      kebebasan

c.       kejujuran

d.      keadilan

e.      otonom

20.   Seorang anggota tidak akan menyebarluaskan informasi palsu atau yang menyesatkan secara sengaja dan tidak bertanggung jawab. Hal ini adalah kode etik profesi humas yang terkait dengan ....

a.       norma perilaku profesional

b.      penyebarluasan informasi

c.       media komunikasi

d.      kepentingan yang tersembunyi

e.      sumber pembayaran

21.   Suatu pedoman tertulis yang digunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi adalah ....

a.       sistem kerja

b.      tata kerja

c.       pedoman kerja

d.      prosedur kerja

e.      aturan kerja

22.   Rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus di tempuh dalam rangka penyelesaian suatu bidang tugas adalah ....

a.       sistem kerja

b.      tata kerja

c.       pedoman kerja

d.      prosedur kerja

e.      aturan kerja

23.   Peraturan yang dibuat secara tertulis oleh perusahaan yang memuat hal – hal umum mengenai perilaku dalam bekerja adalah ....

a.       sistem kerja

b.      tata kerja

c.       pedoman kerja

d.      prosedur kerja

e.      aturan kerja

24.   Pleasantness, good manners, and smile are natural asset ditunjukkan dengan  contoh prinsip pelayanan prima  berikut ...

a.       Bersikap setia kepada manajemen dan rekan kerja.

b.      Seorang petugas yang bekerja di industri jasa pelayanan diharapkan mampu menyenangkan orang lain melalui kesopansantunan yang baik dan selalu tersenyum kepada pelanggan.

c.       Kerapian merupakan salah satu bukti kita bahwa kita bangga dengan diri kita sendiri an pekerjaan kita seingga penampilan kita akan tampak menarik.

d.      Petugas layanan harus memiliki jalan pikiran yang teratur dan terorganisasi untuk melakukan pekerjaan dengan metode yang baik.

e.      Menggunakan akal sehat dalam memahami orang lain.

25.   Salah satu contoh tata krama dalam berbisnis adalah ...

a.       Berpura – pura menawar dengan harga tinggi agar orang lain tertarik untuk membeli.

b.      Menjelekan bisnis orang lain agar orang lain membeli produk kita.

c.       Melakukan monopoli.

d.      Melakukan bisnis yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan orang lain.

e.      Memberi tenggang waktu apabila pengutang belum mampu membayar.

26.   Kecenderungan untuk melihat dunia dalam bentuk lawan kata dan menguraikannya dalam bentuk ekstrim adalah salah satu hambatan interaksi verbal ....

a.       polarisasi

b.      orientasi intensional

c.       indiskriminasi

d.      aneka etnik

e.      perbedaan norma sosial

27.   Salah satu hambatan komunikasi dalam organisasi adalah ....

a.       perbedaan persepsi

b.      pendekatan yang buruk

c.       iklim komunikasi sangat terkait dengan kepemimpinan.

d.      gangguan emosional

e.      perbedaan gaya dalam komunikasi

28.   Sebagai upaya mengatasi hambatan komunikasi maka informasi harus mengutarakan gagasannya dalam jumlah kata seminim mungkin tanpa mengurangi makna dan tetap menonjolkan gagasannya adalah ....

a.       lengkap

b.      singkat

c.       pertimbangan

d.      konkret

e.      kejelasan

29.   Komunikasi yang berupa perintah, ancaman, sanksi, dan lain –lain yang bersifat paksaan dapat dijadikan sasaran ( Komunikan ) jika harus dilakukan secara terpaksa adalah salah satu teknik komunikasi efektif berupa ...

a.       komunikasi informatif

b.      komunikasi persuasif

c.       komunikasi bersifat perintah

d.      hubungan manusia

e.      hubungan individu

30.   Teknik komunikasi yang ditujukan untuk mengubah sikap atau perilaku komunikan yang lebih menekan sisi psikologis komunikan adalah ....

a.       komunikasi informatif

b.      komunikasi persuasif

c.       komunikasi bersifat perintah

d.      hubungan manusia

e.      hubungan individu

31.   Social Distancing dan Phisycal Distascing akan menjadi suatu kebiasaan dalam Era New Normal ke depan, maka komunikasi yang paling efektif dalam berbisnis adalah ....

a.       Facebook

b.      Instagram

c.       Tweeter

d.      Whatapp

e.      Online Media

32.   Era New Normal ke depan akan sangat merubah tatanan masyarakat terutama di bidang komunikasi, tatap muka secara langsung akan sangat dihindari terganti dengan pertemuan digital antara lain, kecuali .....

a.       Webex Meet

b.      Zoom Meet

c.       Whatapp Meet

d.      Google Meet

e.      Chrome Meet

33.   Ruang lingkup penulisan pesan terkait dengan citra suatu produk di mata konsumen  sesuai dengan keinginan perusahaan adalah ....

a.       branding

b.      media relasi

c.       partnership

d.      digital marketing

e.      e-blast

34.   Suatu ragam iklan yang berbentuk artikel bergaya redaksional yang berisi promosi berbagai kebijakan atau program kegiatan adalah ...

a.       penulisan siaran pers

b.      penulisan newsletter

c.       konferensi pers

d.      promosi dan opini

e.      penulisan laporan tahunan

35.   “Patra Service adalah pilar bisnis Patra Jasa sebagai pemasok multilayanan yang berfokus pada layanan manajemen fasilitas, termasuk pemeliharaan gedung, penyedia IT, penghematan energi, serta makanan dan minuman. Layanan Patra juga mengawasi Prima Armada Raya ( PAR ) dalam penyewaan transportasi dan pasokan tenaga kerja.”

a.       Tentang Patra Jasa

b.      Tanah Patra

c.       Lokasi Patra

d.      Hotel dan Resort Patra

e.      Layanan Patra

36.   Media yang digunakan praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang dipasarkan lebih dikenal oleh masyarakat adalah pengertian dari ....

a.       ruang lingkup komunikasi humas

b.      jenis komunikasi humas

c.       hambatan komunikasi humas

d.      media komunikasi humas

e.      media komunikasi modern

37.   Pemilihan media komunikasi humas harus disesuaikan dengan fasilitas, atau sarana dan prasarana yang sesuai dengan komunikan maupun komunikator. Hal ini adaah pemilihan media komunikasi yang disesuaikan dengan ....

a.       tujuan

b.      materi

c.       teori

d.      gaya belajar

e.      kondisi lingkungan

38.   Media komunikasi internal meliputi hal – hal sebagai berikut ....

a.       jurnal eksternal

b.      pameran

c.       jurnal internal

d.      literatur edukatif

e.      sponsor

39.   Penyedia dukungan finansial untuk suatu acara, subjek, kegiatan, lembaga, atau individu yang dianggap memang pantas menerimanya adalah salah satu media eksternal ....

a.       jurnal eksternal

b.      media audiovisual

c.       literatur edukatif

d.      sponsor

e.      pameran

40.   Faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan media humas, kecuali ....

a.       cara pendekatan

b.      gaya memimpin

c.       keterampilan petugas humas

d.      anggaran

e.      kebijakan

41.   Salah satu alasan dilakukan segmentasi pasar karena pasar bersifat ....

a.       kompleks

b.      homogen

c.       membingungkan

d.      statis

e.      stabil

42.   Pertimbangan terkait placement dalam marketing mix antara lain ....

a.       produk perusahaan yang membuat konsumen tertarik untuk membeli

b.      produk perusahaan bisa lebih baik dari sisi harga apabila dibandingkan dengan pesaing lainnya

c.       strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh perusahaan.

d.      cara pendistribusian produk suatu perusahaan agar dapat sampai ke tangan konsumen secara langsung

e.      sumber daya manusia di dalam perusahaan yang bisa menjual produk, baik secara langsung maupun tidak kepada  konsumen

43.   Penjelasan mengenai perusahaan  merupakan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal ataupun grafik yang mengangkat corporate value dan product value serta keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value tersebut adalah pengertian dari ....

a.       profil perusahaan

b.      kinerja perusahaan

c.       visi dan misi perusahaan

d.      struktur perusahaan

e.      gambaran produk

44.   Tujuan struktur perusahaan adalah ....

a.       menarik perhatian

b.      meyakinkan publik

c.       memenuhi keinginan publik

d.      menampilkan individu yang berperan penting di dalam perusahaan

e.      mengarahkan secara jelas bagaimana pubik dapat memperolehnya.

45.   Kegiatan yang ditujukan untuk memengaruhi konsumen agar mereka dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan melalui media massa , kemudian mereka tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut, yaitu ....

a.       placement

b.      advertising

c.       promotion

d.      personal selling

e.      publicity

46.   Perencanaan adalah meletakkan tujuan – tujuan dalam jadwal waktu atau program pekerjaan untuk mendapat hasil yang optimal. Suatu rencana dikatakan efektif jika ....

a.       dapat dilaksanakan

b.      membutuhkan biaya murah

c.       dikerjakan oleh orang – orang tertentu

d.      tidak memiliki hambatan

e.      membutuhkan banyak biaya

47.   Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan opini, dan reaksi dari mereka yang berkepentingan dengan aksi dan kebijaksanaan – kebijaksanaan suatu organisasi merupakan langkah perenanaan ....

a.       penelitian dan mendengarkan

b.      peran dan misi

c.       menentukan sasaran

d.      evaluasi sasaran

e.      rencana alternatif

48.   Pihak humas yang melakukan penilaian terhadap hasil dari program – program kerja atau aktivitas  humas yang telah dilaksanakan merupakan langkah perencanaan ....

a.       analisis situasional

b.      peran dan misi

c.       mengevaluasi

d.      evaluasi sasaran

e.      rencana alternatif

49.   Menentukan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan tindakan demi mencapai tujuan atau sasaran disebut ...

a.       shceduling

b.      programming

c.       budgeting

d.      tentative plan

e.      indicator of effectiveness

50.   Menguji dan merevisi rencana sementara sebelum rencana tersebut dilaksanakan disebut ....

a.       shceduling

b.      programming

c.       budgeting

d.      tentative plan

e.      indicator of effectiveness

 

KUNCI JAWABAN & PEDOMAN PENILAIAN

SOAL PAT OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN

KELAS : XI OTKP

 

 

NO

KUNCI JAWABAN

SKOR NILAI

NO

KUNCI JAWABAN

SKOR NILAI

1

C

2

26

A

2

2

C

2

27

C

2

3

D

2

28

B

2

4

A

2

29

C

2

5

C

2

30

B

2

6

A

2

31

E

2

7

E

2

32

E

2

8

D

2

33

A

2

9

E

2

34

D

2

10

E

2

35

E

2

11

B

2

36

D

2

12

D

2

37

E

2

13

E

2

38

C

2

14

D

2

39

D

2

15

E

2

40

B

2

16

C

2

41

A

2

17

A

2

42

D

2

18

A

2

43

A

2

19

D

2

44

D

2

20

B

2

45

E

2

21

C

2

46

A

2

22

D

2

47

A

2

23

E

2

48

D

2

24

B

2

49

A

2

25

E

2

50

D

2

TOTAL SKOR NILAI 1 sd 50

100

 

                                                                                                                                Jepara,      Mei 2020                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                                                Sulistiyorini, S.Pd.


Comments

Popular posts from this blog

Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XI

MATERI KD 01 OTK HUMAS XI // KONSEP DASAR TATA KELOLA HUMAS // PART 1 RUANG LINGKUP HUMAS