Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XI
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Semester Genap Kelas XI
SILABUS OTOMATISASI HUMAS
DAN KEPROTOKOLAN
Satuan
Pendidikan : SMK
ISLAM JEPARA
Kelas : XI
Semester : III
Tahun
Pelajaran : 2019/ 2020
Mata pelajaran : Otomatisasi dan Tata
Kelola Humas Keprotokolan
Kompetensi
Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran
Jumlah
Pertemuan : 108 X 45 menit
Kompetensi
Inti:
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan
lingkup kerja Otomatisasi dan
Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Memahami
kehumasan
4.1.Melakukan
pengelompokkan kehumasan
|
3.1.1
Menjelaskan sejarah humas
3.1.2
Menjelaskan pengertian humas
3.1.3
Menjelaskan karakteristik humas
3.1.4
Menjelaskan kegiatan humas
internal
3.1.5
Menjelaskan kegiatan humas
ekternal
3.1.6
Mengidentifikasi tugas pokok
humas
3.1.7
Mengidentifikasi fungsi humas
3.1.8
Mengidentifikasi asas humas
3.1.9
Mengidentifikasi aspek humas
3.1.10 Mengidentifikasi
manfaat humas
3.1.11 Menjelaskan
jenis humas berdasarkan lembaga humas
3.1.12 Menjelaskan
jenis humas berdasarkan peranan humas
3.1.13 Menjelaskan
jenis humas berdasarkan ruang lingkup humas
3.1.14 Menjelaskan
jenis humas berdasarkan kegiatan humas
4.1.1 Melakukan pengelompokkan ruang lingkup
humas
4.1.2 Melakukan pengelompokkan tugas pokok dan
fungsi humas
4.1.3 Melakukan pengelompokkan jenis humas
|
1. Ruang Lingkup Humas
a.
Sejarah humas
b.
Empat model humas
c.
Pengertian humas
d.
Karakteristik humas
e.
Tujuan humas
f.
Manfaat humas
g.
Publik internal
h.
Publik ekternal
2. Tugas pokok dan fungsi humas
a.
Tugas pokok humas
b.
Fungsi humas
c.
Asas humas
d.
Aspek humas
e.
Manfaat humas
3. Jenis humas
a.
Berdasarkan lembaga humas
b.
Berdasarkan peranan humas
c.
Berdasarkan ruang lingkup humas
d.
Berdasarkan kegiatan humas
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah
materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
18 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.2
Memahami regulasi bidang
kehumasan
4.2.Menginterprestasi
regulasi bidang kehumasan
|
3.2.1
Menjelaskan dasar hukum
3.2.2
Menjelaskan dasar pelaksanaan
kehumasan
3.2.3
Menjelaskan asas dan prinsip
kehumasan
3.2.4
Mengidentifikasi manajemen
humas
3.2.5
Menjelaskan konferensi dan
kunjungan pers
3.2.6
Mengidentifikasi keterangan dan
media pers
3.2.7
Mengidentifikasi wawancara pers
3.2.8
Mengidentifikasi paket siaran
di media elektronik
3.2.9
Mengidentifikasi publikasi
kegiatan humas
3.2.10 Menjelaskan
manfaat pedoman umum infrastruktur humas
3.2.11 Mengidentifikasi
sarana dan prasarana humas pemerintah
4.2.1 Menginterprestasikan regulasi pemerintah
4.2.2
Menginterprestasikan pedoman umum tata kelola kehumasan
4.2.3.
Menginterprestasikan kegiatan humas pemerintah
4.2.4 Menginterprestasikan pedoman umum
infrastruktur humas
|
1. Regulasi Pemerintah
a.
Dasar hukum
b.
Dasar pelaksanaan kehumasan
c.
Asas dan prinsip kehumasan
d.
Manajemen kehumasan
2. Pedoman Umum Tata Kelola
Kehumasan
a.
Tugas pokok dan fungsi humas
b.
Peran humas pemerintah
c.
Kegiatan humas
d.
Publikasi
3. Kegiatan Humas Pemerintah
a.
Konferensi dan kunjungan pers
b.
Keterangan dan siaran pers
c.
Wawancara pers
d.
Paket siaran di media
elektronik
e.
Publikasi kegiatan humas
4. Pedoman
Umum Infrastruktur Humas
a.
Tujuan pedoman umum
infrastruktur humas
b.
Manfaat pedoman umum
infrastruktur humas
c.
Sarana dan prasarana
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah
materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
24 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.3 Memahami
khalayak humas
4.3.Melakukan
pengelompokkan khalayak humas
|
3.3.1
Mengidentifikasi pengertian
khalayak
3.3.2
Menjelaskan jenis khalayak
3.3.3
Menenatpkan khalayak
3.3.4
Mengidentifikasi organisasi
profesi humas di Indonesia
3.3.5
Mengidentifikasi organisasi
profesi humas
3.3.6
Mengidentifikasi organisasi
profesi humas internasional
4.3.1 Melakukan pengelompokkan khalayak humas
4.3.2 Melakukan pengelompokkan organisasi profesi
|
1. Khalayak Humas
a.
Pengertian khalayak
b.
Jenis khalayak
c.
Menetapkan khalayak
d.
Organisasi profesi humas
2. Organisasi Profesi Humas
a.
Organisasi profesi humas di
Indonesia
b.
Organisasi profesi di Luar
Negeri
c.
Organisasi profesi di
Internasional
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.4 Menganalisis
etika dan kode etik profesi humas
4.4 Menggunakan
kode etik profesi humas dalam mengatasi masalah
|
3.4.1
Menjelaskan etika profesi dan
profesional
3.4.2
Menjelaskan etika profesi humas
3.4.3
Mengidentifikasi
3.4.4
Mengidentifikasi ketentuan etik
pemerintah
3.4.5
Mengidentifikasi penulis humas
3.4.6
Menjelaskan kode etik profesi
humas
3.4.7
Menjelaskan kode etik profesi
internasional
3.4.8
Menjelaskan kode etik profesi
APRI
3.4.9
Mengidentifikasi lepribadian
yang baik
3.4.10 Mengidentifikasi
kepribadian yang dibutuhkan di dunia kerja
3.4.11 Menjelaskan
tata cara berbusana
3.4.12 Menjelaskan
tata cara berbusana dan berhias
3.4.13 Menjelaskan
tata cara berkomunikasi
3.4.14 Menjelaskan
pengertian kompetensi
3.4.15 Mengidentifikasi
kompetensi yang dibutuhkan bagi eksekusi
3.4.16 Mengidentifikasi
kompetensi yang dibutuhkan bagi manajer
3.4.17 Mengidentifikasi
kualifikasi profesional humas
3.4.18 Mengidentifikasi
kompetensi praktis humas
4.4.1. Menggunakan
etika profesi humas
4.4.2. Menggunakan
kode etik profesi humas
|
1. Etika Profesi Humas
a.
Etika profesi dan profesional
b.
Etika profesi humas
2. Kode Etik Profesi Humas
a.
Kode etik profesi
b.
Ketentuan kode etik pemerintah
c.
Ketentuan perilaku humas
d.
Kode etik profesi humas
pemerintah
e.
Kode etik internasional
f.
Kode etik profesi APRI
3. Membngun kompetensi personal
a.
Membangun kepribadian yang baik
b.
Kepribadian yang dibutuhkan di
dunia kerja
c.
Tata cara berbusana
d.
Tata cara berdandan dan berhias
e.
Tata cara berkomunikasi
4. Kompetensi praktisi humas
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
18 JP
|
|
3.5
Menerapkan pelayanan prima
kepada pelanggan
4.5
Melaksanakan pelayanan prima
kepada pelanggan
|
3.5.1 Mengidentifikasi
pelayanan prima
3.5.2 Menjelaskan
manfaat pelayanan prima
3.5.3 Mengidentifikasi
pelanggan
3.5.4 Mengidentifikasi
harapan pelanggan
3.5.5 Menjelaskan
aspek pelayanan prima
3.5.6 Mengidentifikasi
personality
3.5.7 Mengidentifikasi
attitude
3.5.8 Mengidentifikasi
greeting
3.5.9 Menjelaskan
pelayanan yang baik
3.5.10 Menjelaskan
tata krama dalam berbisnis
3.5.11 Menjelaskan
pelayanan prima berdasarkan penampilan
3.5.12 Menjelaskan
pelayanan prima dengan tanggung jawab
3.5.13 Menjelaskan
pelayanan prima dengan kemampuan
3.5.14 Menjelaskan
pelayanan prima dengan mengamati perilaku konsumen
3.5.15 Menjelaskan
pelayanan prima dengan perhatian penuh
3.5.16 Menjelaskan
pelayanan prima dengan konsep tindakan
3.5.17 Menjelaskan
pelayanna prima dengan mewujudkan kebutuhan pelanggan
3.5.18 Menjelaskan
pelayanan prima dengan kepuasan pelanggan
3.5.19 Mengidentifikasi
kualitas pelayanan
3.5.20 Mengidentifikasi
penyediaan pelayanan prima
3.5.21 Mengidentifikasi
peningkatan kualitas pelayanan
3.5.22 Menjelaskan
pedoman kerja
3.5.23 Menjelaskan
prosedur dan sistem kerja
3.5.24 Menjelaskan
aturan kerja
4.5.1
Melaksanakan prinsip pelayanan
prima
4.5.2
Melaksanakan pelayanan prima
sesuai pedoman, prosedur dan aturan kerja
|
1. Ruang lingkup pelayanan prima
a.
Pelayanan prima
b.
Jenis pelanggan
c.
Harapan pelanggan
d.
Aspek pelayanan prima
e.
Manfaat pelayanan prima
2. Prinsip pelayanan prima
a.
Personality
b.
Profesional
c.
Attitude
d.
Greeting
e.
Pelayanan terbaik
f.
Tata krama dalam berbisnis
3. Konsep pelayanan prima
a.
Berdasarkan penampilan
b.
Dengan tanggungjawab
c.
Dengan kemampuan
d.
Dengan sikap dan perilaku
e.
Dengan penuh perhatian
f.
Dengan konsep tindakan
g.
Dengan mewujudkan kebutuhan
4. Unsur pelayanan prima
a.
Kualitas pelayanan
b.
Penyediaan pelayanan prima
c.
Peningkatan kualitas pelayanan
5. Pedoman, prosedur dan aturan
kerja
a.
Pedoman kerja
b.
Prosedur dan sistem kerja
c.
Aturan kerja
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
32 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
SILABUS OTOMATISASI HUMAS
DAN KEPROTOKOLAN
Satuan
Pendidikan : SMK
ISLAM JEPARA
Kelas : XI
Semester : IV
Tahun
Pelajaran : 2019/ 2020
Mata pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Humas dan
Keprotokolan
Kompetensi
Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Jumlah
Pertemuan : 108 X 45 menit
Kompetensi
Inti:
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan
lingkup kerja Otomatisasi dan
Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.6
Menerapkan komunikasi efektif
humas
4.6.Melakukan komunikasi
efektif kehumasan
|
3.6.1
Menjelaskan tujuan komunikasi
3.6.2
Mengidentifikasi fungsi
komunikasi
3.6.3
Mengidentifikasi unsur
komunikasi
3.6.4
Menjelaskan komunikasi
berdasarkan cara penyampaian informasi
3.6.5
Mengidentifikasi komunikasi
berdasarkan perilaku
3.6.6
Mengidentifikasi komunikasi
berdasarkan ruang lingkup
3.6.7
Mengidentifikasi komunikasi
berdasarkan aliran informasi
3.6.8
Mengidentifikasi komunikasi
berdasarkan jaringan kerja
3.6.9
Mengidentifikasi komunikasi berdasarkan
peranan individu
3.6.10 Menjelaskan
komunikasi berdasarkan gaya
3.6.11 Menjelaskan
hambatan psikologis
3.6.12 Menjelaskan
hambatan sosialkultural
3.6.13 Menjelaskan
hambatan interaksi verbal
3.6.14 Menjelaskan
hambatan antara individu dan organisasi
3.6.15 Menjelaskan
upaya mengatasi hambatan komunikasi
3.6.16 Menjelaskan
teknik komunikasi efektif
4.6.1
Melakukan komunikasi efektif
|
1. Ruang lingkup komunikasi
a.
Tujuan komunikasi
b.
Fungsi komunikasi
c.
Unsur komunikasi
2. Jenis komunikasi humas
a.
Berdasarkan cara penyampaian
informasi
b.
Berdasarkan perilaku
c.
Berdasarkan ruang lingkup
d.
Berdasarkan aliran informasi
e.
Berdasarkan jaringan kerja
f.
Berdasarkan peranan individu
g.
Jenis gaya komunikasi
3. Hambatan komunikasi
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
24 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.7
Menerapkan penyusunan pesan
bidang kehumasan
4.7.Menyusun
pesan bidang kehumasan
|
3.7.1
Menjelaskan gaya penulisan
pesan
3.7.2
Mengidentifikasi model
penulisan
3.7.3
Menjelaskan logika penulisan
pesan
3.7.4
Menjelaskan ruang lingkup
penulisan pesan
3.7.5
Mengidentifikasi siaran pers
3.7.6
Mengidentifikasi penulisan newsletter
3.7.7
Mengidentifikasi konferensi
pers
3.7.8
Mengidentifikasi promosi dan
opini
3.7.9
Mengidentifikasi penulisan
laporan tahunan
3.7.10 Mengidentifikasi
penulisan pesan humas lainnya
3.7.11 Mengidentifikasi
struktur penulisan humas
3.7.12 Menjelaskan
prinsip hubungan pers, praktis humas, dan wartawan
3.7.13 Mengidentifikasi
ciri media pers
3.7.14 Mengidentifikasi
printing media
3.7.15 Mengidentifikasi
electronic media
3.7.16 Mengidentifikasi
online media
3.7.17 Mengidentifikasi
other media
4.7.1
Menyusun ruang lingkup pesan
humas
4.7.2
Menyusun teknik penulisan
pesanhumas
4.7.3
Menyusun pesan humas yang
terkait dengan media
|
1. Ruang lingkup penulisan pesan
humas
a.
Gaya penulisan pesan
b.
Model penulisan pesan
c.
Logika penulisan pesan
d.
Ruang lingkup penulisan pesan
2. Teknik penulisan pesan humas
a.
Penulisan siaran pers
b.
Penulisan newsletter
c.
Konferensi pers
d.
Promosi dan opini
e.
Penulisan laporan tahunan
f.
Penulisan pesan humas lainnya
3. Pesan humas berkaitan dengan media
a.
Struktur penulisan humas
b.
Prinsip hubungan pers, praktis
humas dan wartawan
c.
Ciri media pers
d.
Printing
media
e.
Electronic
media
f.
Online
media
g.
Others
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
24 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.8.
Menganalisis media komunikasi humas
4.8.Memilih
media komunikasi humas
|
3.8.1. Menjelaskan
pengertian media humas
3.8.2. Menjelaskan
pemilihan media komunikasi humas
3.8.3. Mengidentifikasi
media humas internet
3.8.4. Mengidentifikasi
media humas eksternal
4.8.1
Memilih media komunikasi humas
|
1. Media komunikasi humas
a.
Pengertian media humas
b.
Pemilihan media komunikasi
humas
c.
Media humas internal
d.
Media humas eksternal
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
18 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.9.
Menerapkan pembuatan profil
organisasi
4.9. Membuat
profil organisasi
|
3.9.1
Menjelaskan elemen profil
perusahaan
3.9.2
Mengidentifikasi pembuatan
profil perusahaan
3.9.3
Menjelaskan pengertian struktur
perusahaan
3.9.4
Menjelaskan prinsip mendesaign
struktur perusahaan
3.9.5
Menjelaskan perbedaan struktur
perusahaan
3.9.6
Menjelaskan fungsi struktur
dalam perusahaan
3.9.7
Mengidentifikasi komponen
struktur perusahaan
3.9.8
Menjelaskan desaign struktur
perusahaan
3.9.9
Menjelaskan posisi bidang humas
dalam struktur perusahaan
3.9.10 Mengidentifikasi
marketing mix dengan strategi product
3.9.11 Mengidentifikasi
marketing mix dengan strategi price
3.9.12 Mengidentifikasi
marketing mix dengan strategi promotion
3.9.13 Mengidentifikasi
marketing mix dengan strategi placement
4.9.1 Membuat profil perusahaan
4.9.2 Membuat struktur perusahaan
4.9.3 Membuat marketing
mix
|
1. Profil perusahaan
a.
Elemen profil perusahaan
b.
Pembuatan profil perusahaan
2. Struktur perusahaan
a.
Pengertian struktur perusahaan
b.
Prinsip mendesain struktur
perusahaan
c.
Perbedaan struktur perusahaan
d.
Fungsi struktur dalam
perusahaan
e.
Komponen struktur perusahaan
f.
Desain struktur perusahaan
g.
Posisi bidang humas dalam
struktur perusahaan
3. Marketing
mix
a.
Product
b.
Price
c.
Promotion
d.
Placemet
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
18 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
3.10
Menerapkan perencanaan program kehumasan
4.10
Menyusun rencana program kebutuhan
|
3.10.1 Mengidentifikasi
program kehumasan
3.10.2 Menjelaskan
perencanaan kerja
3.10.3 Mengidentifikasi
proses perencanaan kerja
3.10.4 Menjelaskan
manfaat perencanaan kerja humas
3.10.5 Menjelaskan
langkah perencanaan menurut Thomas
3.10.6 Mengidentifikasi
model perencanaan humas menurut Jefkins
3.10.7 Mengidentifikasi
model perencanaan humas menurut Cutlip, Center, dan Bloom
3.10.8 Mengidentifikasi
langkah perencanaan menurut Scoot M. Cutlip dan Allien H. Center
3.10.9 Menjelaskan
penulisan perencanaan humas
4.10.1
Menyusun perencanaan program kehumasan
4.10.2 Membuat model perencanaan humas
4.10.3 Membuat perencanaan humas
|
1. Perencanaan Program Kehumasan
a.
Program kehumasan
b.
Perencanaan kerja
c.
Proses perencanaan kerja
d.
Manfaat perencanaan kerja humas
2. Model Perencanaan Humas
a.
Langkah perencanaan menurut Thomas
b.
Model perencanaan humas menurut
Jefkins
c.
Model perencanaan humas menurut
Cutlip, Center dan Bloom
d.
Langkah perencanaan humas Scoot
M. Cutlip dan Allen H. Center
3. Membuat Perencanaan Humas
|
Mengamati
mempelajari
buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang materi
pokok
Menanya
Merumuskan
pertanyaan untuk mengidentifikasi
masalah materi pokok
Mengeskplorasi
Mengumpulkan
data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
· menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
· menyimpulkan
keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan
laporan tentang materi pokok
dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tugas
· Individu/ke-lompok
· Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
|
24 JP
|
·
Buku Otomatisasi Tata Kelola
Perkantoran Kelas XI, Erlangga
·
Modul
·
Mengakses Data dari Internet,
dll
|
bisa minta softcopy silabusnya ibu
ReplyDeleteAs Salam Mu'Alaikum Izin ngopas Jazakillah khoir ( Balasan Dari Allah Lebih baik)
ReplyDeleteassalamualaikum, ibu izin copy file silabusnya jazakillah khoir bu
ReplyDeleteThankyou grandmom ^-^
ReplyDelete